28 December 2009

Terang Bulan (Martabak Manis)

Setelah dua kali gagal membuat terang bulan malah bikin penasaran untuk coba lagi dan lagi. Apa yang salah dari terang bulan yang saya buat, padahal resep yang saya dapat telah saya praktekkan dengan benar, tetapi hasilnya malah tidak mengembang alias bantet. Berbeda dengan ketika saya memasak Woku Ikan khas Manado yang langsung (bisa dibilang) enak saat pertama kali mencoba. Namun, setelah mencoba untuk yang ketiga kalinya, Alhamduillah sukses juga dan rasanya juga sangat lezat. Ternyata bikinnya memang harus ditambah fermipan (ragi instan). Berikut resep yang telah saya praktekkan.


Bahan:

200 gr tepung terigu self-raising
100 gr gula pasir
1 btr telur
1 sdt yeast/fermipan
1/2 sdt baking soda
300 ml susu cair hangat (bisa juga dengan santan kental)
1 sdm munjung mentega

Isi: tergantung selera bisa apa aja, kali ini saya menggunakan meses dan keju

Cara buatnya:

  • campur tepung, gula, fermipan, soda kue, aduk rata, buat lubang di tengahnya
  • tuang sedikit-sedikit susu sambil diaduk rata, masukkan mentega, aduk-aduk
  • aduk rata adonan hingga licin sambil dikeplok-keplok sebentar
  • diamkan kurang lebih 30 menit
  • panaskan wajan dengan api sedang, olesi dengan minyak lalu usap pake tissue/serbet
  • tuang sedikit adonan, ratakan, tutup wajan
  • setelah adonan berlubang-lubang taburi sedikit gula pasir, lalu kecilkan api, tutup wajan kembali
  • angkat adonan setelah matang, olesi dengan mentega/margarin, lalu beri isian...

Nah, selamat mencoba, dijamin suami ketagihan sama terang bulannya...

No comments:

Post a Comment