30 December 2009

Kosmetik Ramah Lingkungan

Pemanasan global menjadi isu bersama dan memunculkan berbagai gerakan demi menyelamatkan lingkungan, termasuk di dunia kecantikan. Produk kosmetik dengan kandungan kimia tinggi dianggap tidak ramah lingkungan. Hal itu karena proses pembuatannya mencemari alam.


Kosmetik yang ramah lingkungan adalah kosmetik organik. organik berarti bahan-bahan yang digunakan dalam produk tersebut diambil dari tanaman yang dikembangkan secara organik, mulai dari benih hingga panen, tanpa bahan kimia. Produk organik biasanya mengklaim aman dari bahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping, seperti reaksi alergi.


Jadi secara umum, produk organik lebih ramah lingkungan,karena tanamannya dikembangkan dengan standar organik dan pengerjaannya pun dilakukan tanpa membahayakan lingkungan. Kalau di AS atau Eropa, standar tersebut dibuat oleh Departemen Pertanian. Certified Organic, bila Anda menemukan produk kosmetik yang memasang label ini, berarti tanaman organik yang dipakai dalam produk ini telah mendapatkan sertifikat sah dan dikontrol ketat oleh National Organic Program, Departemen Pertanian AS. Untuk menghasilkan produk yang certified organic, paling tidak 95 persen kandungannya harus mendapat sertifikat dari lembaga tersebut.



Keunggulan produk berbahan dasar organik yaitu mengandung 40% lebih banyak antioksidan, baik berat dan jumlahnya, dibandingkan dengan produk berbahan kimia.Faktanya, 87% bahan yang digunakan di kulit akan terserap sampai ke aliran darah di tubuh. Dengan menggunakan kosmetik organik, maka kita mengurangi paparan bahan kimia pada kulit. Dengan membeli produk natural dan organik, secara tidak langsung kita telah ikut peduli pada lingkungan.Tetapi produk ini akan lebih cepat kadaluwarsa daripada produk-produk yang berbahan kimia.

Nah.. beralihlah pada produk yang ramah lingkungan sekarang juga...

No comments:

Post a Comment