31 December 2009

Semarak Kembang Api Tahun Baru

Tahun baru tinggal menghitung jam saja, apa rencana anda di malam tahun baru kali ini?? Malam tahun baru saat ini identik dengan pesta kembang api. Tanpa kembang api tentunya pesta malam tahun baru kurang meriah dan semarak. Kembang api memang selalu mempesona dengan cahaya, warna, dan suaranya. Tapi tahukah anda apa yang membuatnya sebegitu indah???? Reaksi kimia apa yang terjadi saat kembang api dinyalakan??




Terdapat 5 komposisi utama dalam kembang api yaitu:
  1. Agen pengikat yang disebut Binder.
  2. Regulator. Berupa logam yang berfungsi mengatur kecepatan reaksi.
  3. Fuel. Bahan yang umum dipakai adalah karbon atau thermit.
  4. Oksidator. Bahan oksidator yang dipakai bisanya dari golongan nitrat, klorat, ataupun perklorat. oksidator ini diprlukan sebagai penghasil oksigen untuk mulai proses pembakaran.
  5. Reduktor. Reduktor yang biasa dipakai adalah belerang dan karbon. Reduktor akan bereaksi dengan oksigen yang dihasilkan oleh oksidator membentuk gas yang bertemperatur tinggi dan mengembang dengan cepat.
Lalu apa yang menyebabkan kembang api berwarna-warni?

Warna kembang api dihasilkan dari pemanasan senyawa logam tertentu. Atom logam menyerap energi yang dihasilkan dari reaksi oksidator dan reduktor diatas dan kemudian dia melepaskan energi itu kembali dalam bentuk cahaya dengan warna tertentu.

Ion logam yang dipakai untuk memberi warna pada kembang api diantaranya adalah:
  1. Garam stronsium atau garam lithium. Contohnya adalah litium karbonat Li2CO3 yang memberikan warna merah dan Stronsium karbonat yang memberikan warna merah cerah.
  2. Garam kalsium contohnya kalsium klorida CaCl2 akan menghasilkan warna orange.
  3. Garam natrium contohnya natrium klorida NaCl akan menghasilkan warna kuning.
  4. Garam barium atau senyawa yang dapat menghasilkan gas Cl2. Contoh garam bariumnya adalah BaCl2 akan menghasilkan warna hijau.
  5. Senyawaan tembaga contohnya tembaga(I)klorida CuCl akan menghasikan warna biru.
  6. Campuran antara garam stronsium dan garam tembaga. Karena stronsium memberikan warna merah dan tembaga memberikan warna biru maka campuran kedua garam ini akan menghasilkan warna ungu.
  7. Logam magnesium, titanium, ataupun aluminium akan menghasilkan warna putih atau silver.

Selain itu mengapa kita selalu melihat percikan kembang api terlebih dahulu kemudian baru suara ledakkannya? Hal ini terjadi dikarenakan kecepatan cahaya lebih cepat satu juta kali dibandingkan dengan kecepatan suara. Jika kamu melihat kembang api yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari tanah tempatmu berdiri maka diperlukan sekitar 3 detik untuk mendengar suara ledakan kembang api setelah kamu melihat percikan cahaya kembang api tersebut.

Anda ingin mencoba membuat kembang api sendiri untuk pesta malam tahun baru anda?? Anda yang tahu jawabannya..

Selamat Tahun Baru 2010

No comments:

Post a Comment