01 January 2010

Aneka Mobil dari Bambu

Tanaman bambu memang banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan kita. Misalnya untuk bahan bangunan, furniture, hiasan rumah, dan sebagainya. Bahkan bambu juga ikut berjasa bagi kemerdekaan indonesia, karena digunakan sebagai senjata yaitu bambu runcing oleh para pejuang kita dahulu.

Pada era teknologi sekarang ini bambu juga mulai dipakai sebagai bahan untuk menciptakan alat-alat yang ramah lingkungan. Misanya: sebagai casing laptop, casing mouse, casing handhpone, dan sebagainya. Namun yang lebih unik dan lucu adalah mulai dibuatnya aneka mobil yang berbahan bambu dan sangat memenuhi estetika green technology. Anda tidak percaya? Mari kita lihat aneka mobil dari bambu dibawah ini.

Mobil Bamgoo
Mobil ini diciptakan oleh Kazumi Matsushige ,bersama para peneliti di Venture Business Laboratory Universitas Kyoto, Jepang, Matsushige menciptakan mobil bambu atau yang dikenal dengan Bamgoo. Mobil ini terbuat dari bambu dan digerakkan denfgan energi listrik. Bamgoo yang dipamerkan di Kyoto 14 November lalu, memiliki berat 60 kg, panjang 2,7 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,65 meter. Mobil yang hanya menyediakan satu tempat duduk bagi pengendara tersebut, dapat menempuh jarak 50 km sebelum di isi ulang kembali.Menurut Matsushige,orang yang peduli pada lingkungan tidak harus jauh dari teknologi. "Perduli dengan lingkungan tak harus menggunakan sepeda. Tapi, kembangkanlah imajinasi dan pemikiran untuk menciptakan teknologi demi terciptanya lingkungan yang sehat." katanya.





Mini Bus Bambu
Ini adalah kendaraan mini bus yang semua eksteriornya dirubah menggunakan bambu. Kendaraan ini digunakan untuk mengantar wisatawan di sebuah desa kecil yang berada di China.




Mobil Anyaman Bambu
Mobil inovasi ini diciptakan oleh sejumlah mahasiswa dari Kyoto University yang dibantu oleh pemerintah kota Kyoto. Mobil terbuat dari bahan alami yaitu dari anyaman bambu. Tentu saja mobil ini sangat ringan, karena hanya berbobot 60 kg saja (berarti lebih berat pengendaranya)! Mobil ini dapat berlari sejauh 50 km untuk sekali charge atau isi ulang.




Mobil Balap Bambu
Apakah anda bisa bayangkan seorang pembalap mobil mengendarai mobil balap yang terbuat dari bambu??? sunggguh menarik bukan???




Mobil Bambu Menarik
Mobil bambu yang satu ini dibuat dengan desain yang sangat menarik, cocok bagi orang-orang yang mencintai seni terutama seni dari bambu.




Mobil dari Bilik Bambu
Mobil yang menjelma menjadi taksi ini bisa anda temui di sebuah kota kecil Filipina yakni Tabontabon. Mobil ini dibuat atas perintah sang walikota yang ingin kotanya bersih dari pencemaran. Oleh sebab itu  dia memberikan insiatif agar ada mobil seperti ini.Untuk bodi bambu pun dikerjakan di Tabontabon. Proses perampungan yang cukup sulit membuat bambu dianyam satu persatu dari bodi depan, atap hingga buritan. Selain bodi yang terbuat dari bambu, bahan bakarnya pun sangat ramah lingkungan. Bahan bakarnya menggunakan bahan bakar yang berasal dari kelapa. Bahan bakar kelapa itu rupanya cukup ekonomis, 3,78 liter cukup untuk perjalanan selama 8 jam di kota kecil itu.




Gimana??? Menarik kan??? Anda ingin memilikinya??

1 comment: