13 January 2010

Anjuran Makan Tikus

Setelah menulis tentang makan sup daging kucing di artikel sebelumnya, ternyata tikus yang menjadi santapan kucing juga jadi santapan mnusia lho?? Hiii... Seorang pejabat di negara bagian Bihar, India, mengungkapkan gagasan baru untuk mendorong warga miskin dari kasta terendah di negara itu mengatasi kekurangan pangan dengan menyantap daging tikus.Pemerintah India mempopulerkan daging tikus bertujuan untuk memperbaiki kondisi sosial-ekonomi mereka.


Menteri Utama Departemen Kesejahteraan Sosial di negara bagian itu, Vijay Prakash, mengatakan sekitar 50% dari total simpanan biji-bijian di negara itu dimakan oleh tikus. Dia mengatakan dengan mempromosikan daging tikus, jumlah simpanan biji bijian yang dapat diselamatkan lebih besar sementara tingkat kelaparan di kalangan masyarakat akan dapat dikurangi.



Prakash menyatakan daging tikus tidak hanya makanan lezat tetapi juga kaya akan protein, dan daging tikus digemari di Thailand dan Prancis."Tikus hampir tidak memiliki tulang dan bergizi. Banyak orang tidak menyadari fakta kuliner ini tetapi lama-lama mereka akan tahu.”


Tentu ada alasan mengapa hingga sekarang hanya sedikit orang yang bisa mengudap binatang yang kerap diidentikkan dengan penyakit pes dan sumber penyakit lainnya itu. Wajar karena binatang yang kelihatan lucu di Disney World dan film Ratatouille itu memang tinggal di tempat-tempat yang kotor. Tentu saja rentan dengan berbagai macam bakteri dan virus.


Bila tikus memang bisa disantap seaman ayam atau sapi, tentu saja sudah dari dulu-dulu banyak yang menggemarinya. Tapi fakta membuktikan bahwa tikus tak layak disantap, baik dari tinjauan higienis, agamis atau pun kebiasaan kuliner. Mau mencoba menyantap daging tikus???

No comments:

Post a Comment