17 January 2010

Manusia Terpendek Vs Manusia Tertinggi

Sebuah kejadian unik terjadi di Istanbul, Turki, Untuk pertama kalinya, Sultan Kosen yang saat ini tercatat sebagai manusia tertinggi di dunia, bertemu dengan manusia terpendek di dunia, He Pingping.

Saat ini Kosen tercatat sebagai manusia tertinggi di dunia dengan tinggi badan 247 cm. Dia mencatatkan namanya dalam Guinness World of Records pada 25 Agustus 2009 lalu. Kosen, seoran petani keturunan suku Kurdi, Turki, berusia 27 tahun, awalnya tak mengalami masalah tinggi badan hingga usia 10 tahun. Dia didiagnosa mengalami pituitary gigantism setelah dokter menemukan tumor di matanya. Tumor itu menyebabkan tubuhnya terus tumbuh, hingga operasi dilakukan pada 2008 lalu.

Begitu tingginya, Kosen mengalami masalah di lutut yang membuatnya butuh bantuan tongkat untuk berjalan. "Saya sudah menantikan kesempatan bertemu Pingping sejak menyandang rekor manusia tertinggi di dunia. Saya senang dia datang ke Turki dan tak sabar lagi mengajaknya melihat keindahan negara saya," ungkap Kosen dalam wawancara seperti dikutip Daily Mail.
Sementara Pingping, 21, lebih dahulu tercatat dalam rekor dunia. Tinggi pria asal Inner Mongolia, China ini hanya 73 cm. Memang masih ada orang yang ukuran tubuhnya lebih kecil, namun Pingping lebih berhak tercatat dalam rekor dunia karena masih bisa berjalan. Pria ini diketahui mengidap Primordial Dwarfism yang menghalangi pertumbuhan tubuh.

Tahun lalu, Pingping bertemu wanita dengan kaki terpanjang di dunia, Svetlana Pankratova. Wanita asal Rusia ini memiliki tinggi badan 196 cm dengan tungkai kaki sepanjang 132 cm.

No comments:

Post a Comment