25 December 2009

Gas Air Mata Bawang Merah

Bawang merah mempunyai getah serta aroma yg membuat mata pedih dan berair kertika mengupas/mengiris. Tahukah anda penyebabnya???
Keluarnya air mata saat mengupas bawang disebabkan oleh gas propanethial-sulfur oxide yang berterbangan ketika terjadi penyobekan kulit maupun pemotongan dagingnya. Kemudian melalui reaksi tertentu,terbentuklah asam belerang yang gampang membuat mata perih. So gas itu disebut juga gas air mata.

Untuk menghindarinya, sebelum dikupas buanglah kedua ujung atas dan bawah atau bisa juga sebelumnya rendam dalam air es beberapa saat untuk mengendapkan getahnya agar tidak menguap saat dikupas. Namun, ketika saya menerapkan tips ini, ibu saya malah tertawa. Katanya "Mau mengiris bawang saja repot-repot". Saya sih diam saja, namanya juga mencoba tips, biar saja ibu tertawa toh tertawa itu sehat :).

Apakah gas air mata yang di keluarkan bawang merah sama dengan gas air mata yang dikeluarkan polisi sebagai senjata anti huru hara? Apakah substansi yang ada pada bawang merah dapat digunakan untuk bahan dasar gas dengan tujuan yang sama???

No comments:

Post a Comment