24 December 2009

Tidur Yang Berkualitas

Tuntutan kerja serta mobilitas yang tinggi dan jadwal yang padat sering kali membuat orang menggunakan waktu tidurnya. Bahkan tidak jarang yang mengalami susah tidur atau insomnia. Waktu tidur seringkali digunakan untuk menyelesaikan tugas tugasnya agar dapat selesai sesuai jadwal. Padahal tidur dengan kualitas yang baik banyak sekali manfaatnya. Berikut cara yang dapat membantu mengoptimalkan tidur anda.

  1. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur, bukan untuk menonton televisi, belajar, atau melakukan hal lain.
  2. Usahakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, karena kebiasaan ini akan membentuk jam biologi kita.
  3. Cobalah mendengarkan musik relaksasi. Mendengarkan musik yang tenang dapat mengirimkan sinyal pada tubuh untuk beristirahat/tidur.
  4. Usahakan untuk tidak minum minuman yang mengandung kafein (misalnya kopi, teh, dsb.) 5-6 jam sebelum tidur.
  5. Berhentilah dari kebiasaan minum minuman keras.
  6. Usahakan untuk tidak makan makanan yang berat sebelum tidur karena akan memperberat kerja organ-organ pencernaan saat tidur
Tidur yang nyanyak sangat membantu kita untuk berkonsentrasi pada hari berikutnya. Tidur juga berpengaruh pada kesehatan seseorang. Pasalnya selama kita tidur hormon akan bekerja lebih aktif. Selain itu sel-sel tubuh kita akan melakukan pemulihan selama kita tidur. Oleh karena itu, usahakanlah menjaga kualitas tidur anda setiap hari.

No comments:

Post a Comment